Selasa, 15 November 2011

Finally, He's Walking!

Greget itu kata saya buat Rayhan, millestonenya yang mundur seperti kelahirannya. Tapi Alhamdulillah DSA nya Rayhan selalu membesarkan hati. Apalagi abinya rayhan seperti juga tidak sabar, ia kadang juga bertanya kenapa rayhan belum bisa ini itu. Dimulai dari ketika orang lain sudah menegakkan kepala, sementara rayhan baru bisa di usia nya yang 4 bulan, rayhan baru bisa berguling dan tengkurap tepat di usia 5 bulan ketika kami baru saja sampai di Depok, lalu merayap dan akhirnya merangkak yang sedemikian lamanya.


Saya sendiri sabagai ibu, kadang kesal,apalagi tiap saya bawa Rayhan ke rumah Neneknya, para tetangga seperti selalu membandingkan Rayhan dengan anak - anak yang lain. Sejak saat itu, saya memilih untuk menjawab dengan senyum, saya hanya melihat dari babycenter ataupun KMS online, tentang tahapan yang harus dilewati rayhan, masih dalam batas normal. Meski dalam diam, sering saya sendiri secara sadar melihat perkembangan anak orang lain yang ternyata jauh lebih maju.

Di rumah, saya sering kali mengomeli abinya Rayhan. Bahwa cobalah berkata positif, dimulai dari berkata 'tidak' pada kemampuan anak kita dengan berkata 'belum'. Tidak, berarti tidak akan ada harapan lagi, sementara 'belum' berarti belum datang saatnya, dan kita diwajibkan bersabar menunggu, sambil menstimulasi. Karena kata-kata positif akan merubah hal negatif menjadi energi. Semakin besar dia akan tau, apakah dia anak yang beruntung atau dia hanya menjadi anak bawang yang tidak bisa melakukan ini itu. Saya jelaskan setiap anak berbeda, ibu bapaknya saja berbeda, orangnya berbeda, kemampuannya pun pasti berbeda. Saya juga ingin membesarkan hati saya, yang seharian menjaga dan mengurus rayhan, jangan sampai saya jadi ikut pesimis dengan kemampuan anak saya sendiri. jangan sampai saya jadi tidak sabar mengurus rayhan karena omongan negatif dari luar diri saya. Setiap anak memiliki kekurangan dan kelebihan, dan orang yang pertama harus menerima kekurangan dan merangkulnya adalah keluarga.

Sejak saat itu abinya rayhan berhenti menanyakan 'kenapa tidak merangkak, kenapa tidak jalan juga', walau sekali waktu saat berkumpul dengan temannya, abi seperti mengeluhkan millestone rayhan. Hati saya sebagai seorang Ibu 'agak'sakit.

Saya banyak mendengar cerita ada beberapa anak yang menskip merangkak, dari proses merayap. Awalnya Rayhan merayap, baru kemudian duduk, belajar berdiri, dan setelah dilatih dan saya contohkan gaya merangkak Alhamdulillah rayhan merangkak.

Ulang tahunnya yang pertama rayhan masih terus merangkak, daaaaaaaaaan, merangkak bo.Orang - orang luar yang sepertinya 'ngefans' berat sama rayhan sejak lahir, yang terus memantau kemampuannya rayhan, lama-lama membuat saya sebal, karena dia membandingkan rayhan dengan cucunya atau anaknya.Saya sendiri jadi malas mudik, karena lama - kelamaan sisi negatif saya jadi lebih besar.


Di Depok, setiap pagi saya latih rayhan berjalan, usia 14 bulan rayhan sudah mulai bisa dititah dengan satu tangan, sebetulnya dia sudah bisa melangkah kaki sendiri, tapi dia takut jika saya lepas, meski pegangannya tidak begitu erat. 15 bulan rayhan bisa saya lepas dalam jarak satu meter dan  berjalan cepat menuju saya. Kondisi kaki rayhan memang flat, sehingga menyebabkan dia cepat lelah dalam berjalan, namun DSA nya bilang tidak masalah, jika ada kesulitan akan dibantu dengan sepatu khusus.

Rayhan suka sekali jika di sekelilingnya banyak anak seusianya. Kebetulan rumah (kontrakan) kami berdekatan dengan area sekolah, setiap kali melihat anak-anak yang berlarian main kejar-kejaran, rayhan juga ikut berlari sambil memegang tangan saya. Rayhan juga suka sekali dengan bola dan ring basket, setiap kali lapangan lengang saya ajak rayhan berjalan sambil melempar bola lalu memungutnya kembali. Rayhan terlihat sangat excited.

Tidak lupa di setiap shalat setiap waktu setiap hari, saya selalu berdo'a, Saya yakin Allah Maha Mendengar, dan Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk makhluknya. Jika seandainya begitu banyak dosa-dosa kami sebagai orang tua rayhan, menjadi penghalang kemampuan dan tumbuh kembang rayhan, ampunilah dosa-dosa kami ya Rabb, jadikan Rayhan anak yang sehat yang shaleh, yang ahli ilmu dan kebaikan, berikanlah rayhan kemampuan yang baik dalam melewati masa-masa tumbuh kembangnya, jauhkan ia dari goda'an syaithon dan dari orang-orang yang memandangnya penuh kebencian.Audzubikalliamtillahi tammatin min kulli syaithonin wa hammatin wa min kulli 'ainin lammah, Allahumma u'idzuhubika wadzurriyatuhu minasyaithonirrojiim... Amin YRA.


Setiap hari saya browsing pengalaman mommies yang memiliki anak dengan masalah yang sama dengan rayhan. Bukan membandingkan, hanya ingin menenangkan hati, bahwa rayhan normal, rayhan pasti akan mampu berjalan seperti anak-anak pada umumnya. Selain itu saya coba dengan hypnoparenting, saya bisikkan kata-kata positif agar rayhan berani berjalan atau agar rayhan mau makan di telinganya saat ia tertidur lelap di malam hari.


H-14 menuju 18 bulan rayhan tiba-tiba berdiri dan melangkah satu meter, dan saat ada tarian di VCD kesukaannya rayhan ikut menari sambil jatuh bangun berjalan, ahhhh meleleh air mata ini. Saya hampir saja akan membawa rayhan ke klinik tumbuh kembang anak. Saat imunisasi di usianya yang 18 bulan, DSA rayhan mengatakan kalau rayhan sehat-sehat saja dan tidak ada tanda-tanda kelumpuhan, rayhan hanya kurang berani. Akhirnya di usia 18 bulan rayhan mulai bisa berjalan mengelilingi rumah,  meski kadang masih suka jatuh. Bahkan ke kamar mandi yang saya takut rayhan terpeleset,atau menyusul saya ke luar rumah ke tempat jemuran baju.


Alhamdulillah, engkau mengajarkan kesabaran pada ummi nak, teruslah berlatih, nanti kita lari-lari ya ... #Kecup basah rayhan ...Muaaaach.

4 komentar:

  1. senang kk ray sudah jalan, alhamdulillaaahh... :)

    BalasHapus
  2. selamat ya ummu rayhan, sebentar lagi akan masuk ke dunia "capek ngejar2 anak", hehehe..

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah Rayhan udah bisa jalan.

    Tiap anak itu unik. Boleh aja dibandingkan dengan anak lain, tapi jangan dijadikan patokan mutlak juga.

    Rafa baru bisa jalan saat umurnya 18 bulan. Sementara gigi nya sudah tumbuh di umur 5 bulan. Ngomong dari umur 10 bulan.

    Sementara Fayra udah bisa jalan di umur 10 bulan, tapi baru bisa ngomong nyaris di umur 2 tahunnya. Sekalinya bisa ngomong, gak bisa direm hehehehe

    BalasHapus
  4. @Ami Tsaqeef : Iya Alhamdulillah, berkat doa dari semuanya (hard pray)...biar nanti bisa main sama tsaqeef

    @Ibunya Aira: Makasih ya ibunya aira, lumayan nih ngelangsingin diri ...

    @Mba De: Alhamdulillah mba, sekarang tinggal nunggu kapan mau ngomong, wah memang tiap anak beda ya, antara satu keluarga aja beda.Terima kasih

    BalasHapus