Rabu, 02 November 2011

Tip

Gambar di ambil dari sini

Apa itu tip? dari beberapa sumber yang saya baca, Tip adalah semacam upah atau balas jasa atas usaha atau kerja atau jasas seseorang atas pekerjaannya pada kita, pada umumnya tip ini bernilai sukarela artinya tidak ditentukan harga atau jumlahnya.

Misalnya saja kita dibantu oleh seorang bellboy hotel untuk membawakan barang kita, walau sebenarnya itu memang tugas tapi sudah menjadi lumrah untuk memberikan upah sekedarnya apalagi jika barang bawaan yang kita bawa melebihi kapasitas.

Saya seorang ibu rumah tangga yang meski punya suami yang bisa saja membantu, tapi kadang bahkan sering kali membutuhkan bantuan pelayan jasa bantu membantu ini. Misal saat saya keberatan membawa barang belanjaan dengan troli besar dari supermarket menuju taksi.Saya baru menyadari arti Tip ini untuk mereka. Bagi saya sah- sah saja, sejauh mereka tidak mengenakan tarif yang besar, dan memang pada dasarnya mereka ikhlas.Tetapi kadang ada saja yang mendengus di belakang senadainya tidak diberi.

Saya pernah merasa begitu bersalah saat saya berbelanja dengan barang bawaan yang banyak sambil menggendong rayhan. Seorang bapak separuh baya dengan seragamnya membantu saya membawakan barang-barang dan membantu mencarikan taksi, karena saking rempongnya saya, saya sambil lalu begitu saja tanpa basa basi mengucapkan terima kasih apalagi memberi uang sekedarnya. Sampai selang beberapa detik setelah di dalam taksi saya berhenti kembali dan menitipkan uang itu kepada si bapak. Duh, saya melihat raut wajah kecewa si bapak yang mungkin berharap 1000- 2000 rupiah saja, atau malah ia hanya berharap ucapan terima kasih saya.maafkan saya ya pak.

Si Bapak itu bukanlah petugas keamanan dia bertugas khusus membantu customer mall untuk mencarikan taksi, ya Allah yang saya pikirkan saat itu pasti dai berharap banyak bisa memberikan makan keluarganya dari lemabran rupiah yang saya berikan.

Semenjak itu saya selalu berusaha mengucapkan terima kasih dan memberikan tip pada siapapun yang membantu saya membawakan barang belanjaan yang bejibun  tidak jarang saya hanya mengucapkan terima kasih seandainya itu pertolongan yang tidak terlalu mengangkat beban ...

Jadi, jangan lupa ucapkan haturnuhun, thank you, Jazakumullah, Terimakasih, dan sebagainya. Sebagai tanda kita menghargai bantuan orang lain kepada kita, apalagi jika itu disertai senyuman tulus.

tentang tip ini, ada beberapa tempat juga yang memang tidak menganjurkan pemberian tip, untuk menghindari pungutan liar, tapi kita pasti punya pandangan sendiri yah apakah orang itu membutuhkan atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar